Tausiyah

Menyikapi Nikmat Dari-Nya

By August 14, 2015 No Comments
nikmat allah

Dalam suatu kesempatan Abu Bakar berkata kepada pada sahabatnya, “Wahai sahabatku andaikan aku sudah mengerahkan seluruh potensiku untuk dikorbankan dijalan Allah, maka itu tidak cukup untuk mengimbangi nikmat yang Allah berikan padaku, dan andaikan kaki kananku sudah ada di surga, maka aku masih khawatir akan dimasukkan Allah ke dalam neraka.”

Abu Bakar yang begitu dalam imannya masih merasa sedikit amalnya dan masih khawatir akan nasibnya diakhirat, bagaimana dengan kita…? Begitu melimpahnya nikmat Allah sehingga kita menjadi terbiasa dan kadang tidak menyadari, kesadaran itu baru muncul ketika nikmat itu diambil kembali oleh pemiliknya yakni Allah SWT.

Allah berfirman, “Dan milik-Nyalah segala apa yang ada dilangit dan dibumi, dan kepada-Nyalah ketaatan itu selama-lamanya. Mengapa kamu takut pada selain Allah? Dan segala nikmat yang ada padamu datangnya dari Allah SWT (QS 16 :52-53). “Biarlah mereka mengingkari nikmat yang kami telah berikan pada mereka, bersenang-senanglah kamu. Kelak kamu akan mengetahui akibatnya.” (QS 16:56)

Alangkah indahnya hidup besyukur kepada Allah, tidak habis-habisnya lidah ini mensyukuri nikmat Allah, bersyukur dengan hati berarti merasakan hakekat nikmat itu datangnya dari Allah SWT, bersyukur dengan perbuatan berarti menggunakan seluruh kenikmatan ini hanya semata untuk tunduk dan patuh kepada Allah SWT.

Leave a Reply