Parenting

Manfaat Field Trip untuk Anak

By September 19, 2018 No Comments
Seringkali siswa jenuh dengan metode belajar di kelas karena yang didapat hanya teori. Hal ini tak bisa dipungkiri jika siswa tersebut apakah paham betul atau tidak tahu mengenai penerapannya di kehidupan nyata. Dengan adanya field trip dapat memberikan pengalaman belajar nyata kepada anak-anak dan bisa diajak berpikir kreatif. Tidak itu saja, field trip juga terbukti mampu mengasah kemampuan teknis atau aplikasi di lapangan bagi anak.
Karena itulah, biasanya field trip dirancang agar berkaitan dengan kurikulum atau kegiatan belajar anak di kelas. Tujuan field trip pun biasanya sudah ditetapkan lokasi dan hasil yang diharapkan dari kegiatan tersebut.
Contohnya, ketika di kelas sedang belajar tentang semangat meraih cita-cita, Siska Timarawati, Guru kelas 1 SDIT Nurul Fikri, membawa murid-muridnya ke Satuan Gegana Korps Brimob Polri. Dengan berkunjung ke kesatuan Polri, anak-anak dapat melihat langsung seragam polisi, jenis-jenis senjata, kendaraan taktis (rantis) seperti barracuda, perlengkapan penjinak bom, jenis-jenis bahan peledak. Dengan begitu, tanpa susah payah menjelaskan di kelas, anak-anak dapat terinspirasi untuk meraih cita-citanya.

Leave a Reply