SDSIT NURUL FIKRI

Pakai Baju Adat Gebyarkan Bulan Bahasa

By October 9, 2018 No Comments

TUGU – Menyambut Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober, SD Islam Terpadu (SDIT) Nurul Fikri menggelar rangkaian gebyar literasi atau bulan bahasa selama tiga pekan, 9-25 Oktober 2018 dengan tema ‘Cerdas Berbahasa Cermin Karakter Bangsa’.

Dalam Opening Ceremony Bulan Bahasa 2018 acara dibuka dengan lantunan medley atau urut-urutan lagu daerah yang dinyanyikan oleh siswa kelas I sampai kelas VI dengan mengenakan berbagai pakaian adat. Selain para pimpinan SIT Nurul Fikri, turut hadir pula orang tua siswa yang juga kompak memakai pakaian bermotif batik.

Fathonah Januwiyati, Kepala Sekolah SDIT Nurul Fikri, mengatakan kalau bulan bahasa ini untuk mengingatkan kita semua kalau Indonesia memiliki banyak budaya dan bahasa. Menurut Fathonah, bahasa memiliki dua ciri yaitu sopan dan kasar. Melalui bulan bahasa diharapkan siswa mengetahui lebih banyak bahasa yang baik dan santun. “Makanya disebut cerdas berbahasa menjadi karakter bangsa,” terangnya saat memberikan sambutan di Indoor Sport, SDIT Nurul Fikri, Selasa (9/10).

Hal yang sama pun disampaikan oleh Rahmat Syehani, Direktur Operasional SIT Nurul Fikri. Ia berharap peringatan bulan bahasa ini bisa dinikmati, diikuti oleh para siswa, guru, dan karyawan. “Semoga Allah memberikan kebaikan buat kita semua dan menjadikan Nurul Fikri sebagai salah satu produsen pemimpin bangsa yang mencintai Indonesia,” kata Rahmat.

Sementara menurut Sri Legini, ketua pelaksana bulan bahasa, mengatakan kegiatan ini juga untuk memperkaya kosakata para siswa karena selama tiga pekan panitia sudah menyiapkan berbagai kegiatan lomba. “Nah, beberapa karya siswa tadi akan kami dokumentasikan dalam bentuk buku. Jika ada tamu yang datang, kami akan tunjukan kalau siswa Nurul Fikri punya karya sendiri,” ujarnya.

Sedangkan menurut Catur Winarto, selaku orang tua siswa yang ikut hadir mengungkapkan kalau ia senang dengan adanya bulan bahasa ini. “Alhamdulillah, bulan bahasa ini sangat meriah sekali, anak-anak juga mengenakan baju daerah masing-masing sehingga mereka mengenal bahwa di Indonesia punya banyak sekali budaya dan diharapkan anak-anak kita bisa saling menghargai perbedaan diantara teman-temannya,” serunya.

Kegiatan bulan bahasa 2018 bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Depok dengan menyediakan perpustakaan keliling dari Perpustakaan Umum Kota Depok. Berikut rangkaian kegiatan bulan bahasa 2018 di SDIT Nurul Fikri selama tiga pekan:
09 Oktober : Opening Ceremony, Lomba Lagu Nasional, Lomba Busana Daerah, Hiwar (berbicara berbahasa Arab), Membaca puisi, Membaca Buku Cerita, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Arab, Story Telling, Cerdas Cermat, dan Photobooth
10-12 Oktober : Bazar Buku dan Reading Battle
15-17 Oktober : Bazar Buku dan Perpustakaan Keliling
19 Oktober : Reading Battle, Lomba Menulis Cerpen, Lomba Membuat Poster, Lomba Membuat Komik Bahasa Inggris, Spelling Bee, Vocabulary, dan Mewarnai Kaligrafi
25 Oktober : Closing Ceremony

Leave a Reply