SIT NURUL FIKRI

Game Edukatif yang Islami, 5 Pilar Game

By March 22, 2018 No Comments
pilar web

TUGU – Game edukatif cukup banyak kita temui, tapi yang mengandung nilai islami memang bisa dihitung jari. Menggabungkan permainan dan pelajaran adalah solusi tepat untuk merangsang minat belajar anak-anak. Dengan gameplay yang menarik, penerbit buku Republika menghadirkan permainan 5 Pilar Game. Game yang bisa menumbuhkan minat anak-anak ataupun orang dewasa untuk mempelajari agama Islam secara menyenangkan dengan konsep bermain.

Tim Promosi 5 Pilar Game, M Iqbal Santosa, menjelaskan permainan yang mengusung prinsip Play, Learn, Connect ini memiliki tiga kategori yakni edisi sirah (sejarah), edisi junior, dan edisi pilar. “Permainan ini terdiri dari ribuan kartu, ribuan pertanyaan yang di dalamnya ada pengetahuan agama, ada 750 kata yang berarti ada 750 pengetahuan yang bisa kita ketahui sehingga memudahkan kita untuk menyerap ilmu dalam permainan ini ke pikiran kita,” ujar Iqbal.

Hal inilah yang membuat Tim Promosi 5 Pilar Game ingin melakukan kerjasama dengan Sekolah Islam Terpadu (SIT) Nurul Fikri untuk memperkenalkan permainan ini di lingkungan sekolah SIT Nurul Fikri. “Kami ke sini ingin memberikan penjelasan, mengajak bermain dan menawarkan permainan ini kepada SIT Nurul Fikri, semoga kerjasama kita tidak hanya pendistribusian buku saja,” terang Iqbal.

Selain board game atau permainan menggunakan papan, ada kotak permainan yang menuntut kreatifitas serta trivia. Total terdapat 2.500 pertanyaan yang diajukan ke lawan bermain dengan cara bervariasi. “Permainan ini sangat cocok untuk generasi milenial. Kami coba menawarkan cara belajar buat anak milenial,” tambah Iqbal.

Di permainan ini, menurut Iqbal, tidak ada yang kalah, semuanya adalah pemenang. “Kenapa? Karena semua yang tadinya tidak tahu jadi tahu, yang lupa jadi diingatkan dan yang tahu jadi semakin tahu,” lanjutnya.

Game yang telah lulus akreditasi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini selain menambah ilmu juga sangat bermanfaat untuk keluarga muslim yaitu sebagai media untuk mendekatkan anggota keluarga karena ada interaksi antara anak dengan orang tua. Permainan ini bisa menjadi alternatif bagi orang tua yang menghadapi persoalan ketergantungan anak terhadap gadget.

Diproduksi oleh Zileej sebuah perusahaan yang berbasis di Abu Dhabi. Republika dipilih oleh Zileej menjadi distributor resmi 5 Pilar Game ini untuk di Indonesia. Konsep game ini digagas oleh Peter Gouldart, seorang mualaf dari Australia.

Leave a Reply