SIT NURUL FIKRI

Ekskul, Jadi Sarana Penting Bagi Perkembangan Siswa di Sekolah

By August 1, 2018 No Comments

Jangan sepelekan keberadaan ekstrakurikuler (ekskul) di sekolah. Instrumen satu itu, ternyata punya peran besar bagi perkembangan siswa di sekolah. “Dilihat dari sudut pandang bimbingan konseling,(ekskul) penting sekali. Karena berkaitan dengan satu dari sarana pengembangan diri siswa,” nilai satu dari pengamat pendidikan, Tri Mega Ralasari.

Dalam pendidikan, perkembangan siswa tidak hanya dilihat dari sisi akademik saja. Tapi juga dari aspek non akademik seperti pembentukan karakter, mentalitas, nilai-nilai norma kesusilaan dan sebagainya. Ekskul, punya peran penting dalam membentuk aspek non akademik siswa. Lewat berbagai kegiatan yang dijalankan di dalamnya.

Sebut saja Praja Muda Karana (Pramuka), Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dan sebagainya. Ekskul semacam ini, katanya, sangat kuat menanamkan nilai positif seperti tanggungjawab, disiplin dan sejenisnya kepada setiap anggotanya. “Jadi ini penting sekali. Malah ujung-ujungnya dari situ siswa bisa mendapatkan keterampilan soft skill yang sangat dibutuhkan di kehidupan sebenarnya,” lanjutnya.

Sumber: http://pontianak.tribunnews.com/2018/07/13/ekskul-jadi-sarana-penting-bagi-perkembangan-siswa-di-sekolah

Leave a Reply