Tausiyah

Alquran Membawa Ketentraman Hati

By September 18, 2015 No Comments
alquran

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tentram.” (Ar-Ra’d : 28).

Ketentraman hati adalah dambaan semua orang, Ibnu Qoyyim Al Jauziah menyatakan bahwa mengingat Allah itu berarti meyakini, melafadzkan dan mengamalkan Alquran. Dalam Kitab Al Adzkar yang disusun oleh Imam Nawawi Rasulullah bersabda, “Barang siapa membaca 200 ayat maka ia termasuk yang banyak mengingat Allah, barang siapa yang membaca 100 ayat ia termasuk orang yang mengingat Allah dan Barang siapa yang membaca Alquran 50 ayat maka ia termasuk orang yang tidak lalai mengingat Allah.” (Ibnu Suni).

Ketentraman hati itu sangat berbanding lurus dengan sejauh mana kita berinteraksi dengan Alquran, dalam kehidupan kita bernaungan dibawah panduan Alquran seperti Aisyah menggambarkan Akhlak Rasul (Kaana khuluquhul Quran) Akhlak Rasululllah itu Alquran, Wirid harian kita Adalah Alquran minimal 1 juz 1 hari, Keyakinan kita tdak pernah bergeser dari Alquran, perasaan kita senantiasa terikat dengan Alquran, dan Alquran tidak pernah membuat seorang mukmin kenyang untuk membacanya, dia akan terus memberikan sesuatu yang baru dan segar dalam kehidupan.

Penulis : Drs. Sulamul Munawaroh

Leave a Reply