SDSIT NURUL FIKRI

Akhiri Bulan Bahasa Dengan Hadirkan Perpustakaan Keliling

By October 24, 2018 No Comments

DEPOK – Mengakhiri rangkaian kegiatan Bulan Bahasa 2018 yang bertemakan ‘Cerdas Berbahasa Cermin Karakter Bangsa’, SD Islam Terpadu (SDIT) Nurul Fikri menghadirkan perpustakaan keliling dari Perpustakaan Umum Kota Depok. Kegiatan ini dimulai pukul 09.00-12.00 WIB mulai dari kelas I sampai kelas VI, Rabu (24/10).

“Alhamdulillah, kami menyambut baik kegiatan ini dan sangat-sangat mendukung sekali kalau sekolah mengadakan bulan bahasa terutama melibatkan kami Perpustakaan Umum Kota Depok sebagai pustakawannya,” ucap Irmasari, salah satu Pustakawan Ahli dari Perpustakaan Umum Kota Depok yang turut hadir di kegiatan tersebut.

Ia berharap kegiatan bulan bahasa ini menjadi contoh untuk sekolah-sekolah lain apalagi kalau mereka melibatkan perpustakaan umum, karena menurut Irmasari salah satu tugas pustakawan seperti dirinya ialah mengajak anak-anak untuk mencintai buku.

Untuk sekolah islam terpadu, lanjutnya, memang sudah tidak diragukan lagi untuk terkait budaya membaca seperti bulan bahasa. “Salah satu memajukan bangsa dengan cara membaca, saya lihat anak-anak disini antusias sekali dalam hal membaca. Baginya kegiatan ini sangat tepat sekali Nurul Fikri mengadakan bulan bahasa biar anak-anak itu semua senang membaca apalagi dimulai sejak dini,” ujarnya.

Sementara menurut Puji Sis Andanasari, pustakawan SDIT Nurul Fikri mendatangkan perpustakaan keliling selain untuk memeriahkan bulan bahasa juga untuk memperkenalkan perpustakaan umum kota Depok ke para siswa.

“Memberikan mereka pengalaman dan wawasan kalau Depok punya perpustakaan. Dan memberikan mereka suasana baru dengan membaca buku di outdoor, bisa bergerak bebas dan tidak monoton,” kata Puji Sis Andanasari.

Kegiatan Bulan Bahasa 2018 di SDIT Nurul Fikri dimulai sejak 9-25 Oktober 2018 diisi dengan berbagai lomba seperti Lomba Lagu Nasional, Lomba Busana Daerah, Hiwar (berbicara berbahasa Arab), Membaca puisi, Membaca Buku Cerita, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Arab, Story Telling, Cerdas Cermat, dan Photobooth.

Selanjutnya ada Bazar Buku, Reading Battle, Lomba Menulis Cerpen, Lomba Membuat Poster, Lomba Membuat Komik Bahasa Inggris, Spelling Bee, Vocabulary, Mewarnai Kaligrafi, dan Perpustakaan Keliling.

Leave a Reply