SIT NURUL FIKRISMA

8 Jurusan Kuliah D3 yang Lulusannya Paling Banyak Dicari

By May 3, 2018 No Comments
job

Selain jurusan S1 yang diminati banyak lulusan SMA, jurusan D3 juga tidak kalah populer. Jurusan kuliah D3 atau Vokasi mengharuskan mahasiswanya untuk menempuh bangku perkuliahan selama 3 tahun. Selama kuliah D3, kita juga bakal lebih sering melakukan kegiatan praktek lapangan yang berhubungan dengan jurusan tersebut. Sebagai syarat kelulusan, nantinya mahasiswa D3 akan dikenakan Tugas Akhir untuk mendapatkan gelar Diploma. Nah, biar lebih jelas lagi, kamu wajib tahu jurusan kuliah D3 yang lulusannya paling banyak dicari!

Perpajakan
Menurut Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) terdapat 53 program studi perpajakan yang mayoritas adalah program D3. Kuliah dengan jurusan ini menuntut ketelitian, ketekunan dan daya anlisa yang kuat karena harus bergelut dengan angka dan data, dan pastinya enggak boleh salah.
Prospek: Lulusan perpajakan memiliki peluang kerja yang cukup luas. Selain bisa bekerja menjadi PNS di Dirjen Pajak, mereka juga bisa bekerja hampir di seluruh perusahaan besar yang membutuhkan staf pajak atau konsultan pajak.
Pilihan kampus: Universitas Indonesia, Politeknik Universitas Surabaya, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga

Broadcasting
Jurusan kuliah ini cocok buat kita yang tertarik dengan media massa. Jurusan broadcasting juga terbagi menjadi 3 yakni manajemen pemberitaan (diperuntukkan bagi yang ingin menjadi penyiar berita, penulis naskah berita, reporter, presenter), manajemen produksi (bagi yang pengin jadi produser, sutradara, penulis skenario, tim kreatif), dan teknik produksi (diperuntukkan untuk yang ingin bekerja di bagian teknik, seperti kameramen, editor, soundman, lightingman).
Prospek: Lulusan broadcasting ternyata tidak selalu harus bekerja di TV, lulusannya juga bisa bekerja di radio, Komisi Penyiaran, atau Production House.
Pilihan kampus: Universitas Indonesia, Universitas Widyatama, BINUS

Teknik Mesin
Jurusan teknik termasuk yang memiliki banyak program D3. Bukan hanya teknik mesin, namun juga teknik elektro, atau teknik industri. Bahkan kampusnya pun bisa kita temukan dengan mudah di seluruh pelosok negeri.
Prospek: Lulusan D3 teknik mesin saat ini banyak diserap oleh dunia industri pemerintah dan swasta seperti; PLN, Pertamina, PT Astra, Pupuk Kaltim, PT Djarum, PT Chevron, dll.
Pilihan kampus: Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Malang, Univerisitas Negeri Jakarta Politeknik Negeri Jakarta, dan banyak Politeknik di seluruh wilayah Indonesia.

Pariwisata (Perhotelan)
Sering dibilang sebagai jurusan kuliah yang kurang populer, jurusan pariwisata justru sangat digemari terlebih lagi di kota jurusan pariwisata favorit para turis. Kuliah di jurusan ini akan mempelajari tentang kegiatan wisata seperti perhotelan, isu-isu tentang pariwisata, sampai bahasa.
Prospek: Lulusan pariwisata dapat bekerja sebagai manajer hotel, pegawai di maskapai, pegawai pemerintah di Kementerian Pariwisata atau sebagai konsultan pariwisata.
Pilihan kampus: Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Sekolah Tinggi Pariwisata.

Sekretaris
Pekerjaan sebagai sekretaris sangat dibutuhkan dalam dunia kerja karena setiap perusahaan yang besar pasti membutuhkan seseorang yang bisa menghandle kegiatan administrasi dengan baik.
Prospek: menjadi sekretaris adinistrasi di sebuah perusahaan
Pilihan kampus: Universitas Negeri Jakarta, Universitas Airlangga, Politeknik Ubaya, Universitas Negeri Yogyakarta, BINUS

Hubungan Masyarakat (Public Relation)
Bekerja sebagai PR atau Public Relation mengharuskan seseorang untuk memiliki sifat detail-oriented, mampu mengenali market dan medianya, mampu berpikir out of the box, dan yang paling penting lihai berkomunikasi melalui berbagai kanal.
Prospek: Prospek kerja jurusan hubungan masyarakat tersebar menjadi banyak pekerjaan seperti bekerja di perusahaan nasional, departemen kementerian sebagai protokoler menteri, staf ahli, humas kejaksaan agung, konsultan PR, bahkan juga jurnalis.
Pilihan kampus: Universitas Diponegoro, Univeritas Negeri Jakarta, Universitas Padjajaran

Akuntansi
Jurusan akuntansi sudah menjadi jurusan favorit sejak dulu karena setiap instansi baik swasta maupun pemerintah membutuhkan tenaga-tenaga akuntansi untuk menyusun laporan keuangan yang nantinya dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan bagi manajemen.
Prospek: Lulusan jurusan akuntansi dapat bekerja sebagai tenaga akuntansi pada perusahaan swasta atau BUMN konsultan pajak, konsultan akuntansi, konsultan manajemen, internal auditor, atau analis kredit.
Pilihan kampus: Universitas Gadjah Mada,Universitas Airlangga, BINUS, Universitas Sebelas Maret

Perpustakaan
Jurusan yang terbilang langka ini ternyata memiliki prospek yang sangat luas, terlebih dengan rencana Indonesia untuk terus meningkatkan budaya membaca.
Jurusan ini memiliki dua konsentrasi utama, yakni perpustakaan (memperlajari tentang pemilikan koleksi, pengelompokan, penyusuan, pemberian nomor, membangun database, mengenal ISBN, sampai pemasaran dan promosi), dan arsip (mempelajari tentang pengelolaan arsip mulai dari proses penciptaan, pemakaian, hingga pemusnahan).
Prospek: Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai pustakawan, atau librarian. Perpustakaan pun tidak melulu harus di perpustakaan sekolah, tapi juga bisa di perpustakaan di stasiun TV bahkan di firma hukum atau LSM hingga POLRI.
Pilihan kampus: Universitas Indonesia, Universitas Negeri Malang, UIN Syarif Hidayatullah

Sumber:
http://cewekbanget.grid.id/

Leave a Reply